Nokia X – Kelebihan dan Kekurangan Nokia X Android Terbaru

Nokia X merupakan salah satu smartphone android pertama dari NOKIA, Nokia X ini dibekali sebuah prosesor berteknologi Dual Core dengan kecepatan proses mencapai 1 GHz yang dipadu dengan chipset Snapdragon S4. Dan dilengkapi dengan RAM yang berkapasitas hannya 512 MB saja sebagai memory kerjanya, karena kapasitas RAM yang sangat terbatas tersebut sehingga menjadi pertanyaan bagi banyak pihak. Nokia X dibekali dengan sistem operasi Android v4.1.2 (Jelly Bean) dengan banyak ubahan khusus yang telah dilakukan oleh pihak Nokia, khususnya pada rea tampilan. Perombakan pada sektor tampilan widget yang dilakukan NOKIA terlihat hampir menyerupai sistem operasi Windows Phone yang dimiliki oleh Lumia. Bahkan bisa dibilang Nokia X ini memiliki cita rasa sebagai Windows phone.

Harga nokia x

Nokia X

Kelebihan Nokia X – Android Terbaru Nokia

Nokia X mememilikin desain yang tidak biasa dengan kebanyakan smartphone Android merek lain pada umumnya. Jika diperhatikan Nokia X ini sedikit menganut desain yang diterapkan pada Nokia Asha yang cukup laris dipasaran. Kesan yang didapat dari desain Nokia X ini memiliki sensasi berbeda dengan desain kebanyakan smartphone android yang menganut desain minimalis pada umumnya. Desain body yang kokoh dan terlihat mantap dengan pilihan warna menarik yang cukup variatif, sangat pas untuk pengguna kaula muda dan para pecinta fashion yang aktif.

Pada lapisan luar casing Nokia X, dilengkapi dengan permukaan material dof yang kesat dan nyaman saat digenggaman. Yang mana hal inn sangat berbeda dengan kebanyakan desain yang diterapkan pada smartphone lain yang biasanya memakai bahan dengan texture glossy yang terlihat mengkilap dan menarik untuk dipandang, namun terkadang agak licin saat digenggam.

Dengan ukuran layar 4 inch dan teknologi layar sentuh, Nokia X cukup nyaman saat digunakan terutama untuk mata. Teknologi layar yang digunakan merupakan teknologi layar Nokia Glance dengan resolusi layar berkualitas WVGA (800 x 400 piksel), truecolor 16 juta warna dengan kepadatan warna mencapai 233 pixel per inch. Dengan teknologi layar yang dimiliki oleh Nokia X ini , membuat gambar tampilan pada layar terlihat lebih bagus dan natural dengan tingkat detail gambar yang cukup tinggi. Dengan tambahan berkat fitur auto brightness, membuat Layar Nokia X masih tetap terluhat jelas meski sedang berada dibawah paparan sinar matahari yang terik.

Sisitem operasi yang digunakan adalah Android versi 4.1 dengan telah mengalami banyak ubahan khususnya di sektor tampilan yang menyerupai tampilan windows phone. Sehinga ubahan tersebut membuat kesan saat memakai Nokia X ini seperti menggunakan smartphone dengan sisitem operasi windows phone. Gaya tampilan Fastlane Nokia Asha pun berhasil diadopsikan dalam tampilan Nokia X baru ini. Untuk selebihnya pada tampilan tile pada start screen dibuat mirip dengan smartphone Nokia Lumia yang memang basisnya adalah smartphone Windows phone.

Samsung galaxy

Nokia X 3,5G

Nokia X terbaru ini juga telah dilengkapi dengan beberapa aplikasi standard smartphone Andoid popular seperti aplikasi HERE Maps, Here Drive dan Mix Radio serta aplikasi BBM, Skype dan beberapa aplikasi game yang populer seperti Plant vs Zombie, yang semuanya sudah siap dipakai. Dengan tujuan agar konsumen lebih tertarik.

Dibekali dengan Prosesor berteknologi Dual Core berkecepatan 1 GHz Snapdragon dengan dukungan 4 GB internal memori. Dan masih disediakan slot microSD yang mampu menampung hingga 32 GB memory external.

Selain dengan adanya Music player yang telah dilengkapi dengan fitur 12 opsi pilihan equalizer serta fitur Bass Boost dan 3D Effect. Nokia X terbaru juga ,dilengkapi dengan Radio FM player Sebagai sarana tambahan hiburan dan sumber informasi.

Kekurangan Nokia X android

Salah satu kekurangan Nokia X android ini adalah Layar sentuh yang hanya dapat menerima dua sentuhan jari saja, alias tidak mendukung multi touch kecuali dua sentuhan saja. Dan selain itu Nokia X ini hanya dibekali dengan kamera utama dengan kemampuan sebesar 3 MP saja. Padahal pada kelas smartphone android merek lain dengan kisaran harga yang hampir sama kebanyakan telah mengadopsi Kamera utama lebih dari itu. Sehingga akan cukup mempengaruhi persaingan dengan smartphone pada level harga yang krang lebih sama. Selain itu Kamera utama juga belum dilengkapi dengan fasilitas LED Flash sebagai pendukung penggambilan gambar di tempat yang kurang cahaya. Masih pada sektor kamera, Nokia X ini juga tidak ditemukan tombol fisik untuk foto, sehinga akan cukup ribet ketika akan melakukan pengambilan foto dengan akses cepat. Selain itu jangan berharap dengan adanya kamera depan pada Nokia X terbaru ini.

Dengan tampilan yang mengalami banyak perubahan, dari tampilan antarmuka android pada umumnya, mungkin akan membuat pemakai baru Nokia X ini harus beradaptasi terlebih dahulu dengan tipikal tampilan yang dibawa oleh sisitem operasi android Nokia X ini. Terlebih bagi penguna yang telah terbiasa dengan tampilan smartphone android pada umumnya. pasti akan merasa sedikit kaku pada awal pemakaian Nokia X Android ini.

Hp samsung

Nokia X Android 4″

Dengan pembekalan Ram yang hanya berkapasitas sebesar 512 MB saja, berdampak pada kinerja Nokia X yang kurang makximal ketika sedang running beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan (multi tasking), sehinga pengguna mungkin agaknya harus sedikit bersabar saat memakainya.

Pada Nokia X keluaran baru ini Pihak NOKIA agaknya sengaja meniadakan layanan Google store dan menggantikannya dengan layanan aplikasi dari Nokia dan Microsoft. Sehingga jika pengguna akan melakukan penambahan aplikasi dari google store maka pada Nokia X ini tidak akan mendapatkannya. Semua layanan yang berbau Google pada Nokia X ini digantikan oleh pihak NOKIA dengan Nokia Store. Selebihnya Nokia X juga menyediakan app store pihak ketiga, misalnya 1Mobile Market, Yandex Store, Mobango, SlideMe Market, dan Aptoide Appstore, yang semuanya dapat digunkan untuk mengunkduk aplikasi tambahan yang diperlukan untuk Nokia X ini.

Spesifikasi Nokia X Android

 Daftar Spesifikasi Nokia X Terbaru

Dimensi

115.5 x 63 x 10.4 mm, 73.2 cc (4.55 x 2.48 x 0.41 in)

Kamera Utama

3.15 MP, 2048 x 1536 pixels

Layar

IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colorsLayar 4” WVGA (800 x 480), TrueColor (24-bit/16 M) ,  dengan Aspek rasio 15:9, Kerapatan piksel hingga 233 ppiTeknologi layar LCD, Teknologi layar sentuh dengan Sentuhan dua titik kapasitif

Sensor

Sensor Cahaya Sekitar, Akselerometer dan Sensor Jarak

Fitur tampilan

Kontrol kecerahan, Tanggapan taktil, Sensor orientasi, Layar Nokia Glance, Ketukan
ganda di layar, Sudut tampilan lebar

CPU

Qualcomm Snapdragon™ S4, GPU Adreno 203, RAM 512 MB, memori internal 4 GB, eksternal hingga 32 GB

Jenis kartu SIM

Dual SIM jenis Micro SIM, Kedua SIM Aktif

Konektor pengisian daya

Micro-USB, Konektor AV: Konektor audio 3,5 mm, Konektor sistem: Micro-USB-B, USB 2.0, 

Wi-Fi

WLAN IEEE 802.11 b/g/n

Baterai

Kapasitas baterai: 1500 mAh

Harga Nokia X Android

Setelah membaca ulasan diatas tentang Nokia X tadi, maka belum lengkap jika kita belum mengetahui informasi harga Nokia X android ini. Maka pada kesempatan kali kini kami juga telah menambahkan informasi harga Nokia X ini. Menurut informasi yang tertera pada situs resmi Nokia Indonesia, Nokia X ditawarkan dengan harga mulai 999.000 ribu rupiah saja. Harga tersebut memang layak untuk spesifikasi yang ditawarkan oleh Nokia X android ini. Bahkan dengan kualitas produk yang ditawarkan Nokia adalah nilai plus tersendiri,  mengingat Nokia merupakan produsen perangkat hanphone yang sudah lama terkenal dengan poduk-produknya yang berkualitas tinggi. Sehingga Nokia X ini cukup layak untuk dijadikan sebagai slah satu pertimbangan Anda yang tengah ingin membeli smartphone baru yang berkualitas tinggi.

Nokia

Nokia X Android dengan kamera 3MP

Nah, demikian tadi ulasan tentang Nokia X android terbaru dari nokia yang dapat kami sampaikan kali ini. Jika Anda juga menginginkan informasi tentang Nokia XL Android maka Anda bisa membacanya melali link ini.  Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

One Response

  1. priaji wibowo May 17, 2016 Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!