Perbedaan dan Apa itu Prosesor Dualcore Quadcore dan Octacore

Apa itu Processor Dualcore Quadcore dan Octacore – Apasih yang dimaksud dengan processor Dualcore, Quadcore dan juga processor Octacore itu sebenarnya? Kita sering membaca ulasan tentang sebuah smartphone terbaru dengan istilah beberapa jenis processor yanag menjadi pelengkap komponen utamanya. Namun apakash sebenarnya yang dimaksud dengan istilah-istilah procesor tersebut?, mari kita simak sedikit penjelasan dibawah ini semoga temen-temen yang masih ada pertanyaan tentang apa itu processor Octa core Quad Core atau bahkan Dual core dapat menemukan penjelasan yang masuk akal dan mudah dinalar, maka sebagai berikut penjelasannya.

Istilah processor sebenarnya telah lama dikenal terutama dalam istilah komputer serta laptop, namun sekarang istilah processor juga telah menjadi istilah baru yang ngetrend didalam dunia smartphone. Dan jika dilihat susunan komponen sebuah smartphone saat ini memang sudah tidak ada bedanya dengan sebuah komputer atau laptop, hanya saja ukuran serta fungsinya yang masing-masing ada perbedaan mendasar jika sebuah smartphone lebih dikhususkan untuk alat komunikasi mobile, maka laptop atau komputer hingga saat ini lebih sebagai alat pemproses data atau dikhususkan untuk mempermudah seseorang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang berurusan dengan data digital.

octa core vs dual core dan Quad core

Apa itu quad core octa core dual core

Jadi nama-nama komponen didalam sebuah smartphone saat ini juga memiliki nama yang sama dengan nama komponen di komputer dan laptop, dan hanya saja jika pada laptop dan komputer ada komponen yang namanya harddisk maka di sebuah smartphone ada komponen dengan nama memory internel serta memory eternal yang memiliki fungsi sebagai komponen penyimpan data yang dimiliki pengguna sebagaimana fungsi harddisk didalam sebuah komputer atau lapotop.

Bahkan dapat dibilang kemampuan sebuah smartphone saat ini telah melebihi kemampuan sebuah laptop misalnya fungsi smartphone sebagai sebuah kamera digital serta dapat digunakan sebagai alat navigasi dalam perjalanan karena sebagian besar smartphone saat ini telah dilengkapidengan sarana GPS.

Perbedaan Processor Dengan Teknologi Dualcore Quadcore Dan Octacore

Processor disebut juga sebagai CPU (Central Processing Unit), dan dari namanya juga telah dapat ditebak bahwa processor memiliki peranan utama dalam sebuah semartphone sebagai komponen utama yang mengeksekusi segala perintah yang diberikan oleh pengguna lewat aplikasi dan sistem operasi yang terinstal pada sebuah smartphone.

Berbicara tentang perkembangan teknologi prosesor saat ini memang terus berkembang dan semakin canggih dengan berbagai kemampuan kerja yang tinggi demi memenuhi kebutuhan pengguna yang juga semakin membutuhkan perangkat smartphone dengan knerja yang cepat. Sehingga parailmuan juga berlomba dalam mengembangkan teknologi processor sebagai salah satu komponen utama sebuah smartphone saat ini.

Saat ini sebuah smartphone telah lazim menggunakan processor Dual Core, Quad Core hingga Processor dengan teknologi Octa Core. Lantas apa bedanya antara processor tersebut serta bagusan mana antara processor Octacore dengan Quad Core? Wah bingung juga ya, terlebih bagi pengguna smartphone yang memang masih benar-benar belum mengerti tentang perbedaan antara procesor Dual Core, Quad Core dan Octa Core. Namun jangan jangan khawatir bagi yang belum tahu dan baru membaca ulasan ini, maka bagi para pembaca yang penasaran dengan 3 istilah processor tersebut dapat membaca sedikit penjelasan dibawah ini tentang ketiga seri processor smartphone tersebut

Apa itu Processor Dualcore Quadcore dan Octacore

1 . Apa yang dimaksud Dengan Dualcore, Quadcore dan Octacore

Perkembangan teknologi processor dari waktu ke waktu terus berimbang dengan perkembangan perangkat lunak serta kebutuhan masyarakat. Jika pada waktu yang lalu sebuah smartphone masih menggunakan processor dengan core tunggal atau single core karena pada saat itu kebutuhan pengguna dalam menjalankan aplikasi juga masih masih terbilang tidak telalu banyak. Hingga seterusnya perkembangan aplikasi serta sistem opeasi meningkat dengan pesat maka kebutuhan pengguna smarphone dalam menjalankan berbagai aplikasi smarphone juga bertabah banyak sehingga beban komponen smartphone terutama processor juga makin berat jika tidak mengalami peningkatan kemampuan kerja.

Oleh sebab itu pengembang smartphone membuat processor dengan kemampuan lebih tinggi dari sebelumnya dengan penambahan kapasitas kerja hingga muncullah generasi processor dengan inti 2 atau processor dual core, dan disusul dengan pengembangan seterusnya hingga ada processor dengan inti lebih banyak semisal processor Quad Core (4 core) dan juga processor Octa core dengan inti (core) processor sebanyak 8 buah.

Dan dalam sebuah smartphone yang dilengkapi dengan prosesor Quad Core maka sudah barang tentu kecepatan kerjanya sangat tinggi karena selain itu pasti kapasitas RAM serta memory internal penyimpan data juga telah ditingkatkan untuk mengimbangi kemampuan processor Quadcore yang tinggi.

Jadi bagi anda yang saat ini telah memakai smartphone Quad-Core maka kecepatan kerja smartphone anda pastinya sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi yang terintsall didalamnya. Dan hal ini kebalikannya bagi yang belum berkesempatan dan masih memakai smartphone lama yang hanya memiliki processor dual core serta dengan kelengkapan RAM yang kecil maka akan sering mengalami loding lambat ketika menjalankan aplikasi yang berat. Dan untuk soal Harga smartphone dengan processor Quad core pastinya terpaut cukup jauh dengan harga smartphone dengan processor dualcore apalagi dengan smarphone yang masih memakai processor single core.

2 . Istilah kecepatan processor dan apa itu GHz

Jika kita membaca sebuah ulasan tentang sebuah smartphone, maka data spesifikasi akan disebutkan tentang Kapasitas RAM, Kapasitas memory internal hingga kemampuan kamera yang dimilikinya, dan terutama adalah kecepatan kerja processor yang dimiliki sebuah smartphone tersebut, misalnya sebuah smartphone memiliki spesifikasi processor Dual-core 1.2 Ghz. Singkatan GHz berasal dari kata GigaHertz, dan untuk mempermudah penyebutan serta penulisan maka ditulis saja dengan GHz.

Processor sebuah smartphone bekerja dengan satuan frekuensi ketika mengolah data dalam kapasitas tententu, maka satuan data yang dipakai adalah gabungan satuan kapasitas Giga digabung dengan satuan frekuensi Hertz. Dan lazimnya procssor sekarang ini memiliki kemampuan kerja sebesar GHz dan jika ditulis mencapai angka ribuan. 1 GHz sama dengan 1000 MHz, dan 1 MHz sama dengan 1000 KHz.

Jika pada masa lampau penulis masih sempat menggunakan sebuah komputer dengan processor dengan satuan kerja MHz (Megahertz), yang artinya masih dalam angka kecepatan ratusan. Sehingga kemampuannya memprose datanya masih sangat mimin dan lambat.

3 . Tentang Apa Itu Aplikasi Single Thread

Aplikasi Single Thread hanya bekerja dengan sistem satu jalur pemroses data saja, sehingga sebuah smartphone dengan processor Dual core atau tidak akan menambah kecepatan kerja pada sebuah aplikasi yang berjalan dengan sistem satu jalur pemroses atau istilahnya aplikasi Single Thread.

Namun sebuah smartphone dengan aplikasi yang dapat berjalan dengan aplikasi multi Thread seperti aplikasi game hyang berat dengan grafik yang tinggi serta beberapa aplikasi lainnya seperti google chrome yang juga dapat berjalan dengan sistem multi Thread, maka penggunaan rocessor Dual Core atau lebih akan sangat membantu meningkatkan kecepatan kerja sebuah smartphone dalam menjalankan aplikasi yang ada didalamnya.

Nah, kiranya sedikit ulasan tentang pengertian perbedaan prosesor DualCore, QuadCore serta OctaCore diatas dapat memberikan pemahaman yang dapat diterima dengan mudah oleh para pembaca semuanya. Terima kasih dan jangan lupa untuk membaca ulasan menarik lainnya tentang Daftar harga 16 hp xiaomi terbaru android 2016.

Leave a Reply

error: Content is protected !!